PALU – Sempat mengalami gangguan pemadaman listrik secara luas atau blackout pada Minggu malam (11/5/2025) dari pukul 20.46 WITA.
Senin (12/5) pukul 02.11 WITA PT PLN (Persero) berhasil memulihkan 100% kerusakan listrik dan berhasil kembali memasok listrik di wilayah Palu dan sekitarnya yang sempat mengalami gangguan.
PLN langsung merespons dengan cepat saat pasokan listrik terhenti dan terus bersiaga pasca aliran listrik kembali pulih secara normal. PLN mengerahkan seluruh sumber daya, baik personel maupun peralatan untuk mempercepat proses penormalan. Penormalan dilakukan secara bertahap dan terkoordinasi bersama unit-unit terkait guna memastikan sistem kembali stabil.
Manajer PLN UP3 Palu, Yanuar, menyampaikan apresiasi atas dukungan seluruh pihak serta kesabaran pelanggan selama proses pemulihan berlangsung.
“Kami bersyukur sistem kelistrikan berhasil dipulihkan sepenuhnya. Terima kasih atas pengertian masyarakat selama proses pemulihan. Seluruh personel tetap siaga menjaga keandalan pasokan listrik, khususnya di fasilitas vital seperti rumah sakit, kantor pemerintahan, dan infrastruktur pelayanan publik,” ungkapnya.
Hal senada juga disampaikan General Manager PLN Unit Induk Distribusi Suluttenggo, Atmoko Basuki, yang mengapresiasi kolaborasi lintas unit dan dukungan masyarakat.
“Kami menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah, masyarakat, dan semua pihak yang telah mendukung dalam proses pemulihan ini. PLN akan terus berkomitmen memberikan layanan kelistrikan yang andal dan berkelanjutan bagi masyarakat,” tegas Atmoko.
Saat ini, seluruh gardu induk, gardu distribusi, hingga 640.116 pelanggan di wilayah Palu dan sekitarnya telah mendapatkan kembali pasokan listrik secara normal.(*/ron)
